Sabtu, 15 September 2018

Contoh Soal Latihan UNBK Bahasa Indonesia tahun 2019 (Bag. 1)

ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan contoh soal latihan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tahun 2019 untuk kelas 9. Semoga contoh soal latihan ini dapat membantu kalian dalam mencari referensi tentang soal-soal terbaru untuk latihan menghadapi ujian nasional tahun depan di tingkat SMP. Selamat berlatih semoga sukses.

1. Pada beberapa sekolah diadakan program kelas akselerasi. Biasanya kelas akselerasi menjadi cita-cita sebagian besar orangtua murid agar anaknya masuk ke dalam kelas tersebut. Terutama murid-murid yang memiliki prestasi tinggi. Yang mungkin tidak diketahui orangtua murid adalah bahwa ternyata anak dengan prestasi yang bagus belum tentu dapat memasuki kelas akselerasi. Hal inilah yang sering menimbulkan rasa tidak puas. Kalau begitu, sudah menjadi tugas guru untuk menjelaskan pada orangtua murid mengenai kelas akselerasi ini.

Makna istilah 'akselerasi' dalam kutipan laporan tersebut adalah ....
A. Tambahan
B. Unggulan
C. Percepatan
D. Peningkatan

www.ilmubindo.com

2. Kelelawar termasuk dalam binatang mamalia. Binatang ini melakukan banyak aktivitasnya secara terbalik jika dibandingkan dengan binatang yang lain pada umumnya. Kelelawar lebih memfokuskan diri untuk segala aktivitasnya seperti mencari makan pada malam hari sementara pada siang hari mereka lebih banyak tidur. Binatang ini beragam jenisnya. Ada yang besar sekali yang sering disebut kalong. Ukurannya dapat mencapai berat satu kilo atau lebih. Sementara yang sedang hanya beberapa ons dan ada lagi yang paling kecil ada yang menyebutnya anrip. Anrip hanyalah sebesar jari. Biasanya yang banyak diburu adalah yang berukuran sedang karena dari segi ukuran tidak terlalu kecil serta populasinya masih banyak.

Ide pokok paragraf kedua teks tersebut adalah ....
Populasi kelelawar kecil
Kalong rajanya kelelawar
Jenis dan ukuran kelelawar
Kelelawar berukuran sedang

3. Rokok adalah benda yang memberi efek santai dan sugesti merasa lebih jantan dengan memberikan candu kepada orang yang menikmatinya. Rokok mempunyai rupa silinder dari kertas berukuran panjang, berisi daun tembakau yang telah dicacah. Rokok biasanya dijual dalam bungkusan yang umumnya disertai pesan kesehatan yang memperingatkan perokok akan bahaya kesehatan akibat merokok, misalnya kanker, paru-paru, atau serangan jantung.

Informasi tersurat yang terdapat pada kutipan teks tersebut adalah ....
A. Dalam bungkusan rokok terdapat pesan kesehatan yang memperingatkan perokok
B. Orang yang terbiasa merokok akan kecanduan dan susah untuk berhenti merokok
C. Orang yang merokok akan merasakan rileks dan nyaman
D. Kebiasaan merokok akan merugikan kesehatan seseorang

4. Sebaiknya kita sebagai orang tua mengawasi atau memantau penggunaan ponsel pintar yang dipakai oleh anak-anak di bawah umur, sehingga  tidak akan sampai terjadi hal-hal yang berdampak negatif pada anak-anak di bawah umur. Justru sebaliknya, penggunaan telepon genggam tersebut harus dapat meningkatkan kecerdasan anak-anak di bawah umur tersebut.

Bagian teks tanggapan kritis tersebut adalah ....
A. Penegasan ulang
B. Deskripsi teks
C. Evaluasi
D. Orientasi

5. Dalam puncak hujan tarinya, tiba-tiba pintu dibuka dari luar. Ayesh tersentak, dan putuslah tarian. Ibunya pulang  dari supermaket terperangah sesaat melihat lantai basah dan Ayesha yang tertegun bagaikan patung yang masih menangkap sisa hujan. Ibu memandang langit-langit. Kering, tak ada basah di saana. Ia pun tersenyum, lantas ia letakkan plastik belanjaan di sofa dan pergi mengambil handuk di kamar. “Rupanya engkau mengembara lagi, Ayesha,” ujarnya sambil mengelap tubuh anaknya yang masih terpancang diam dan menyimpan hujan. Dan gumpalan jari- jemari katun handuk itu perlahan-lahan mengembalikan Ayesha pada dunia yang kering kerontang.

Makna simbol 'dunia yang kering kerontang' dalam kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. Udara yang sangat panas
B. Pengalaman menyedihkan
C. Kehidupan yang sunyi
D. Musim kemarau panjang

6.  Suatu ketika Keledai menemukan kulit singa yang ditinggalkan sang pemburu di dalam hutan. Keledai itu mengambil kulit singa dan memakainya. Kulit singa itu tepat sekali menutup tubuhnya. Kini Keledai tersebut mirip sekali dengan singa. Kemudian, muncul sifat iseng keledai tersebut. Dia menggunakan kulit singa itu untuk menakut-nakuti hewan lain. Secara diam-diam Keledai mengenakan kulit singa, lalu bersembunyi di semak-semak. Jika ada hewan lain yang melintas, si Keledai segera meloncat keluar. Semua binatang yang melihatnya menjadi takut dan lari terbirit-birit. Mereka mengira ada singa yang akan menerkamnya.
Keledai merasa begitu senang melihat semua binatang takut dan berlari menjauh darinya. Muncullah sifat sombong dalam diri keledai. Dia menganggap dirinya raja hutan. Dengan bangganya,  si Keledai mencoba  untuk mengaum keras meniru suara singa. Tetapi sayangnya, bukanlah auman singa yang keluar dari mulutnya, melainkan hanya ringkikan Keledai yang parau.
Macan Kumbang yang semula turut berlari ketakutan bersama binatang lainnya mendengar suara tawa itu. Dia pun berhenti berlari. Dengan perlahan-lahan dan penuh kehati-hatiannya, dia mendekati singa itu. Begitu dia tahu bahwa ternyata yang menakut-nakutinya hanyalah Keledai yang memakai kulit singa. Macan Kumbang itu segera menerkamnya.
Macan Kumbang itu berkata sambil tertawa, “Jika kamu menutup mulutmu dan tidak mengeluarkan suara ringkikanmu yang parau, mungkin aku akan berlari ketakutan juga. Kamu bisa menipu dengan kulitmu, tetapi tidak dengan suaramu.”

Simbol singa dalam fabel tersebut mempunyai makna ....
A. Kekuasaan
B. Kekuatan
C. Kemarahan
D. Kebijaksanaan

7. Setelah tiga hari, habislah masa berpikir yang diberikan padaku. Aku dipanggil lagi ke meja makan. Gemuruh di dadaku telah tiada. Tapi hatiku ciut dan pikiranku kalut. Satu-satunya persediaan kata yang bisa kukatakan, agar aku tidak dimurkai, “Terserah Ibu dan Papa.” Lainnya tidak.

Isi tersirat kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. Tokoh Aku pasrah kepada keputusan orang tuanya
B. Tokoh Aku takut akan dimarahi kedua orang tuanya
C. Tokoh Aku bingung dalam memilih suatu keputusan
D. Tokoh Aku berontak dengan keputusan orang tuanya

8. Suatu ketika Keledai menemukan kulit singa yang ditinggalkan sang pemburu di dalam hutan. Keledai itu mengambil kulit singa dan memakainya. Kulit singa itu tepat sekali menutup tubuhnya. Kini Keledai tersebut mirip sekali dengan singa. Kemudian, muncul sifat iseng keledai tersebut. Dia menggunakan kulit singa itu untuk menakut-nakuti hewan lain. Secara diam-diam Keledai mengenakan kulit singa, lalu bersembunyi di semak-semak. Jika ada hewan lain yang melintas, si Keledai segera meloncat keluar. Semua binatang yang melihatnya menjadi takut dan lari terbirit-birit. Mereka mengira ada singa yang akan menerkamnya.
Keledai merasa begitu senang melihat semua binatang takut dan berlari menjauh darinya. Muncullah sifat sombong dalam diri keledai. Dia menganggap dirinya raja hutan. Dengan bangganya,  si Keledai mencoba  untuk mengaum keras meniru suara singa. Tetapi sayangnya, bukanlah auman singa yang keluar dari mulutnya, melainkan hanya ringkikan Keledai yang parau.
Macan Kumbang yang semula turut berlari ketakutan bersama binatang lainnya mendengar suara tawa itu. Dia pun berhenti berlari. Dengan perlahan-lahan dan penuh kehati-hatiannya, dia mendekati singa itu. Begitu dia tahu bahwa ternyata yang menakut-nakutinya hanyalah Keledai yang memakai kulit singa. Macan Kumbang itu segera menerkamnya.
Macan Kumbang itu berkata sambil tertawa, “Jika kamu menutup mulutmu dan tidak mengeluarkan suara ringkikanmu yang parau, mungkin aku akan berlari ketakutan juga. Kamu bisa menipu dengan kulitmu, tetapi tidak dengan suaramu.”

Isi tersirat dalam fabel tersebut adalah ....
A. Keledai menjadi hewan yang ditakuti hewan lainnya karena mengenakan kulit singa
B. Kebohongan Keledai terungkap karena dia tidak pernah bisa mengaum seperti singa
C. Keledai merasa senang dapat menakuti hewan-hewan yang melintasi tempat persembunyiannya
D. Keledai yang mengenakan kulit singa menakuti setiap hewan yang melintasi tempat persembunyiannya

9. Saat ini gerakan mencintai Pancasila di dalam generasi muda sudah mulai luntur. Oleh karena itu, kepala sekolah mengajak siswa-siswa untuk mencintai dan menanamkan niali-nilai luhur Pancasila.  Generasi muda adalah garda depan pangamalan Pancasila.

Pilihlah tulisan teks pidato yang sesuai dengan ilustrasi tersebut!
A. Hadirin yang berbahagia,
Saat ini globalisasi mengancam generasi muda kita. Generasi muda kita mudah melupakan Pancasila, padahal mereka adalah garda depan bangsa. Kita harus menggantikan diri menjadi penjaga Pancasila. Mari, bersama menjaga Pancasila!
B. Bapak Ibu sekalian,
Terima kasih atas kehadiran Bapak Ibu dalam acara penguatan nilai luhur Pancasila ini. Nilai luhur Pancasila harus kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Ayo, kita pupuk semangat Pancasila dalam diri kita!
C. Anak-anakku yang berbahagia,
Kita telah dianugerahi oleh Tuhan berupa alam yang indah. Kekayaan itu haruslah kita jaga dan lestarikan. Jika tidak kita jaga, kekayaan alam dan Pancasila akan terancam. Mari, semangat menjaga Pancasila!
D. Para siswa yang berbahagia,
Saat ini banyak generasi muda yang tidak mencintai Pancasila. Padahal generasi muda adalah garda depan pengamalan nilai luhur Pancasila. Maka, mari, kita cintai dan tanamkan nilai luhur Pancasila dalam diri kita!

10. Judul film : “Kartini”
Penulis : Bagus Bramanti dan Hanung Bramantyo
Sutradara film : Hanung Bramantyo
Produksi : Legacy Pictures, Screenplay Films
Durasi : 1 jam 59 menit
Pemain : Dian Sastro Wardoyo, Deddy Soetomo, Christine Hakim, Acha Septriasa, dan Ayushita
Sinopsis film : Film “Kartini” yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo berupaya menggugat pandangan bahwa Kartini hanya berjasa bagi perempuan Indonesia. Film ini menggambarkan upaya Kartini untuk mendidik rakyat jelata dan mengangkat harkat perajin ukiran Jepara.

Ubahlah teks ulasan tersebut menjadi teks tanggapan!
A. Judul film “Kartini” unik dan sederhana. Film yang diadaptasi dari kisah hidup R.A. Kartini memiliki cerita sangat menakjubkan. Sutradara film ini, Hanung Bramantyo, secara cerdas merekatkan karakter kuat pada setiap tokoh. Keadaan ini membuat film “Kartini” unggul dari film lain.
B. Jalan cerita film “Kartini” memukau penonton. Setiap pemain mampu memerankan tokoh sesuai karakternya. Banyak nilai kehidupan dari film ini yang pantas diteladani generasi muda. Banyak sisi positif dari film di antaranya menggugah para remaja untuk membangkitkan semangat nasionalis. Oleh karena itu, film ini wajib ditonton remaja Indonesia.
C. Film “Kartini” yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo mengajarkan rasa cinta tanah air kepada remaja. Film ini mengajarkan perilaku cinta tanah air yang disampaikan oleh sosok Kartini. Banyak sisi positif dari film, di antaranya menggugah para remaja untuk membangkitkan semangat nasionalis. Film “Kartini” layak ditonton remaja Indonesia.
D. Film “Kartini” yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo berupaya menggugat pandangan bahwa Kartini hanya berjasa bagi perempuan Indonesia. Film ini membuktikan bahwa Kartini berjasa bagi seluruh rakyat Indonesia. Terbukti bahwa Kartini berusaha mendidik rakyat jelata dan mengangkat harkat perajin ukiran Jepara.

Demikianlah contoh soal latihan UNBK tahun 2019 yang dapat kami bagikan. Semoga bermanfaat buat kita semua. Terima kasih.
Share:

Kalimat Aktif dalam Pidato Persuasif

ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan contoh kalimat aktif dalam teks persuasif bahasa Indonesia kelas 9 revisi terbaru. Semoga materi yang admin bagikan ini dapat membantu rekan guru dan juga peserta didik dalam mencari referensi tentang kalimat aktif dalam bahasa Indonesia. Berikut adalah penjelasannya.

Kalimat aktif merupakan kalimat yang subjeknya melakukan kegiatan, aktivitas, pekerjaan, atau perbuatan tertetu.

Ciri-ciri kalimat aktif adalah sebagai berikut.
1.  subjeknya sebagai pelaku.
2. predikatnya berawalan me- atau ber-. Meskipun demikian, tidak sedikit kalimat aktif yang predikatnya tidak disertai kedua imbuhan tersebut.

Kalimat Aktif dalam Pidato Persuasif
www.ilmubindo.com

Perhatikan contoh berikut!
  • Dia kini sudah pergi.
  • Ibu Marsella sedang asyik makan pisang goreng.
Berdasarkan hubungan antara predikat dan objeknya, kalimat aktif dibagi menjadi dua.

1. Kalimat aktif transitif
Kalimat aktif transitif adalah kalimat aktif yang predikatnya memerlukan objek.

Contoh:
  • Saya memotong kayu.
  • Mereka memanjat rumah.
  • Dia mengerjakan PR.
  • Orang itu telah mencuri pisang Pak RT.
2. Kalimat aktif intransitif
Kalimat aktif intransitif adalah kalimat aktif yang tidak memiliki objek.

Contoh:
  • Aku bernyanyi.
  • Bapak bekerja di kebun.
  • Kami berjalan menuju rumahnya.
  • Mereka bertengkar karena masalah kecil.
Demikianlahn yang dapat kami jelaskan tentang kalimat aktif dalam teks persuasif bahasa Indonesia kelas 9 semester 1. Semoga materi yang kami bagikan ini dapat bermanfaat buat kita semua. Terima kasih.
Share:

Kamis, 13 September 2018

13 Soal Try Out Bahasa Indonesia Kelas 9 Terbaru 2018

ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan 13 nomor soal paket untuk Try Out kelas 9 tahun 2018. Semoga soal-soal yang admin bagikan ini dapat membantu peserta didik dalam mencari referensi tentang contoh soal terbaru untuk Try Out di sekolah masing-masing. Selamat belajar, semoga kalian sukses.

1. .... Kura-kura lalu meminta bantuan kepada monyet. “Maukah kau membantuku memetik buah pisang ini?” tanya kura-kura.
“Aku bersedia, tetapi buah pisang itu nanti dibagi dua,” jawab monyet. “Baik!” jawab kura-kura. Monyet lalu memanjat pohon pisang kura-kura. Bau harum buah pisang menggoda selera monyet. Ia lupa akan janjinya. Kura-kura menunggu di bawah pohon pisang. “Nyet, nyet, mana pisang bagianku?” teriak kura-kura. “Sebiji pun tidak ada,” jawab monyet rakus. “Nyet, ini pohon pisangku!” rengek kura-kura hampir menangis.
“Salah sendiri mengapa tidak bisa memanjat pohon?” ejek monyet.
Kura-kura raut wajahnya memerah, ia mulai menangis. Hatinya sedih bercampur marah. Ia lalu menggoyang-goyang pohon pisang itu. Tiba-tiba…. bruk! Pohon pisang itu tumbang. Monyet itu jatuh. Dia mengerang kesakitan. Tubuhnya tertimpa batang pohon pisang. “Ampun kura-kura, tolong aku! Aku menyesal…,” kata monyet. Tetapi, kura-kura sudah berlalu. Ia mencari sahabat baru.

Akibat konflik pada cerita tersebut adalah ....
A. Kura-kura tidak mau berteman dengan monyet.
B. Monyet mau berteman lagi dengan kura-kura.
C. Kura-kura menyesal telah menyakiti monyet.
D. Monyet menyesal lalu pergi melarikan diri.

www.ilmubindo.com

2. “Jadi, kita akan kuburkan ia di Simagara?” katanya pelan pelan, setengah, ditujukan pada dirinya sendiri: Soleha tidak sanggup menjawab. Ia mau berpikir panjang. Ia mau mengatakannya, tapi ia segera ingat pada yang lain.” Tapi, kita sudah menikahkan dia. Dan kini ia sudah jadi istri Sunarto. Apa yang ia katakan pada Sunarto?” Pikirannya makin tidak tenang bila mengingat soal itu. Ia memang sudah keberatan dikala suami Soleha dipanggil orang dari kampung sawah untuk mengobati Pak Murad. Sebagai mantri kesehatan di sekitar itu memang tidak ada dokter. Suami Soleha sering diminta pertolongan. Namun, ia tahu betul Pak Murad ayah Mumy. Mumy kini menjanda lantaran suaminya meninggal dunia. Suami Soleha saling mengasihi dengan Mumy dikala masih bujang dan gadis. Mereka tak sanggup melakukan niat hatinya alasannya ialah Mumy dipaksa menikah.

Penyebab terjadinya konflik dalam kutipan tersebut ialah ....
A. karena cemburu terhadap Mumy.
B. karena suaminya mantri kesehatan
C. karena suami Soleha pernah mengasihi Mumy
D. karena suaminya diminta pertolongan

3. Dalam novel ini penulis menggunakan bahasa sehari-hari sehingga mudah dimengerti. Selain itu, banyak pelajaran hidup yang diambil dari kisah tokoh. Hanya saja, penulis terlalu banyak memunculkan konflik sehingga agak membingungkan. Namun, pada akhir cerita semua konflik dapat diselesaikan dengan baik.

Simpulan pendapat pro pada teks tersebut adalah ....
A. Isi novel bagus dan layak untuk dibaca.
B. Tokohnya terlalu banyak mengalami konflik.
C. Akhir cerita novel agak membingungkan.
D. Novel tersebut banyak kekurangannya.

4. Rencana aksi poros maritim dunia mencakup lima agenda prioritas. Pertama, mempercepat upaya diplomasi penyelesaian konflik perbatasan, termasuk wilayah darat, dengan 10 negara tetangga. Kedua, melindungi teritorial laut nasional. Ketiga, menjaga kekayaan sumber daya alam di dalam zona ekonomi eksklusif. Keempat, mengintensifkan diplomasi pertahanan. Kelima, mendorong resolusi damai konflik internasional melibatkan negara-negara besar di kawasan Indo-Pasifik. Program aksi yang berdimensi kompleks, mulai dari hukum, politik, ekonomi, keamanan, hingga pertahanan. Karena itu, dibutuhkan sebuah instrumen kerja diplomasi kreatif, aplikatif, dan efektif.

Ide pokok paragraf tersebut adalah ....
A. Mempercepat upaya diplomasi penyeleseaian konflik.
B. Mengintensifkan diplomasi pertahanan.
C. Program aksi yang berdimensi kompleks.
D. Lima agenda prioritas rencana aksi poros maritim.

5. Taman Nasional Ujung Kulon memiliki berbagai macam flora, fauna, dan ekosistim yang dilindungi.

Kesalahan penggunaan ejaan pada kalimat tersebut adalah ....
A. kata ekosistim seharusnya ditulis ekosistem
B. kata flora seharusnya ditulis felora
C. kata Nasional seharusnya ditulis nasional
D. kata dilindungi seharusnya ditulis di lindungi

6. “Terima kasih, aku janji tidak akan mengulanginya lagi!” jawab Cici dengan tulus.

Kesalahan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah ....
A. Tanda seru (!) seharusnya tanda tanya (?)
B. Tanda titik (.) seharusnya tanda seru (!)
C. Tanda titik (.) seharusnya tanda koma (,)
D. Tanda seru (!) seharusnya tanda koma (,)

7. (1) Tata tertib lalu lintas harus dipatuhi demi untuk keamaan dan kenyamanan pengguna jalan.
(2) Kemacetan panjangan kerap terjadi saat libur akhir pekan, terutama dijalan menuju tempat wisata.
(3) Sangat disayangkan jika kecurangan terjadi dalam kompetisi olahraga yang senantiasa menjunjung tinggi sportivitas.
(4) Perjuangan Tim Merah Putih di ajang SEA GAMES 2017 tidak sia-sia karena mereka telah membuat bangsa Indonesia bangga mestipun tidak menjadi juara.

Kalimat tidak efektif ditandai dengan nomor ....
A. (4)
B. (3)
C. (2)
D. (1)

8. (1) Permainan online yang terdapat dalam gawai menjadi faforit anak-anak. Hal ini dapat membuat anak kecanduan. (2) Keinginan untuk terus memainkannya membuat anak-anak lupa terhadap tugas dan kewajibannya di rumah. (3) Bahkan, anak akan cenderung tekun menatap gawai dari pada membaca buku. (4) Hal ini juga sangat berpengaruh terhadap hubungannya dengan lingkungan sekitar. (5) Anak akan dijauhin teman-temannya saat bermain di luar rumah.

Kata tidak baku dalam teks tersebut adalah .....
A. faforit dan candu
B. online dan faforit
C. candu dan gawai
D. online dan gawai

9. Batik memang sering membuat orang kesengsem. Begitu juga dengan Hon Stephany Uy Tan, Wali Kota Catbalogan, Filipina yang mengunjungi Kabupaten Trenggalek. Wali kota perempuan tersebut bahkan [ ... ] belajar membatik.

Kata yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ....
A. tekun
B. emosional
C. serius
D. antusias

10. Bu Ratna pun menghukum kami. Kami disuruh membuat karangan dengan tema "Dampak Buruk Menyontek". Kami juga harus mengerjakan soal ulangan yang lain lagi untuk mengganti yang sebelumya. Setelah kurenungkan, aku menyadari kesalahanku. Ternyata, membantu seseorang haruslah dengan cara yang benar. Tidak asal membantu. Alih-alih membantu, yang ada malah kena hukuman.

Kutipan teks tersebut merupakan alur bagian ....
A. perumitan
B. penyelesaian
C. peleraian
D. pengenalan

11. Museum merupakan salah satu tempat penting dalam upaya pelestarian sejarah. Museum adalah lembaga yang berfungsi mengumpulkan, merawat, dan menyajikan serta melestarikan warisan budaya masyarakat untuk tujuan studi, penelitian, dan kesenangan atau hiburan.

Kutipan teks tersebut merupakan bagian ....
A. definisi umum
B. deskripsi bagian
C. simpulan
D. penutup

12. Ibnu Sina adalah seorang ilmuwan muslim yang terkenal di dunia. Lahir dari keluarga pengabdi pada negara dan pecinta ilmu. Selain sebagai pendidik, ayahnya juga bekerja di pemerintahan. Oleh sang ayah, Ibnu Sina diajari Alquran dan sastra bahkan didatangkan guru khusus menghafal Alquran, serta belajar fiqih dan filsafat. Di usia 10 tahun, Ibnu Sina telah menghafal isi Alquran dan mendalami berbagai karya sastra.

Informasi tersurat yang sesuai dengan paragraf tersebut adalah ....
A. Ibnu Sina dan ayahnya dikenal sebagai ilmuwan muslim di dunia.
B. Ibnu Sina belajar ilmu fiqih dan filsafat kepada ayahandanya sendiri.
C. Ibnu Sina bekerja dengan mengabdi pada negara dan pendidikan.
D. Ibnu Sina memiliki kecerdasan luar biasa dalam menghafal Alquran.

13. Para pemimpin yang taktis bertindak dan memiliki banyak pemikiran alternatif serta visioner diperlukan untuk memimpin Indonesia.

Makna kata 'visioner' pada kalimat tersebut adalah ....
A. berkhayal yang baik
B. berwawasan ke depan
C. berjiwa tangguh
D. bermimpi yang indah

Demikianlah yang dapat kami bagikan tentang contoh soal Try Out terbaru mata pelajaran bahasa Indonesia. Semoga soal-soal ini bermanfaat buat kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam sukses dari admin.
Share:

Kumpulan Contoh Soal Try Out Bahasa Indonesia Kelas 9 Terbaru 2018

ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan contoh soal Try Out terbaru mata pelajaran bahasa Indonesia kelas 9 tahun ajaran 2018-2019. Semoga contoh soal Try Out ini dapat membantu kalian dalam mencari referensi soal-soal Try Out terbaru untuk mata pelajaran bahasa Indonesia di tingkat SMP. Berikut adalah contoh soalnya. Selamat belajar, semoga sukses.

1. (1) Kurangnya asupan zat besi disebabkan kurangnya konsumsi makanan kaya sumber zat besi. (2) Hal ini karena kurangnya konsumsi makanan kaya sumber zat besi. (3) Umumnya orang lebih suka makanan siap saji. (4) Sumber makanan yang kaya sumber zat besi berasal dari hewani. (5) Contoh sumber makanan hewani yang kaya zat besi di antaranya hati, daging sapi, daging kambing, unggas, dan ikan.
Alasan ketidakpaduan paragraf tersebut adalah ....
A. Contoh pada kalimat (5) tidak sesuai
B. Kalimat (2) kata rujukannya tidak jelas
C. Isi kalimat (3) menyimpang dari pembicaraan
D. Pokok yang dibicarakan pada kalimat (1) tidak fokus

2. Buku ini dalam menjelaskan karakter anak berdasarkan golongan darah dan pola asuh yang tepat bagi anak-anak. Alasan ketidakefektifan kalimat tersebut adalah ....
A. Kata yang tidak perlu ditulis sehingga dapat dihilangkan
B. Kata dalam tidak diperlukan karena membingungkan
C. Kata berdasarkan tidak diperlukan karena sama bermakna ganda
D. Kata karakter tidak diperlukan sehingga dapat dihilangkan

Kumpulan Contoh Soal Try Out Bahasa Indonesia Kelas 9 Terbaru 2018
www.ilmubindo.com

3. Perlombaan Film Etnografi ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi semua jenis film, mulai dari film dokumenter, film seni, sampai film cerita.
Alasan ketidaktepatan penggunaan kata pada kalimat tersebut adalah ....
A. Kata menyediakan penggunaannya seharusnya adalah kata Etnografi.
B. Kata bagi tidak tepat karena sudah ada kata untuk pada kalimat tersebut.
C. Kata wadah hanya digunakan untuk tempat sesuatu yang berbentuk benda.
D. Kata perlombaan digunakan untuk pencarian juara dalam bidang olahraga atau permainan.

4. Dua orang kakak beradik sedang menunggu ibunya pulang kerja.
Samin       : (Nampak gelisah, mukanya pucat) Kak, kok emak belum pulang, ya.
Darto        : Lagi banyak kerjaan kali, Dik. Kenapa? Lapar?
Samin       : (Mengangguk perlahan dengan tatapan kosong )
Darto       : Tunggu ya, mi kakak yang pagi masih ada sebungkus. Biar kakak rebus dulu ya.  (Bangkit ke dapur )
Samin       : Ya, Kak.

Bentuk lain dari teks tersebut adalah ....
A. Kedua kakak beradik menanti ibunya yang belum pulang. Adiknya sudah kelaparan. Dengan sabar sang kakak merebus mi jatahnya tadi pagi.
B. Seorang kakak sedih melihat adiknya kelaparan. Dia sudah mencari mi rebus dari lemari tetapi tidak ada. Dia bingung, adiknya nampak pucat dan lesuh. Sedangkan ibunya belum juga pulang.
C. Dua orang anak menanti ibunya yang sedang bekerja. Mereka sudah kelaparan. Akhirnya salah seorang dari mereka menemukan mi instan. Lalu mereka merebus dan memakannya bersama.
D. Sebuah keluarga terdiri atas ibu dan kedua anak lelakinya hidup serba kekurangan. Ibunya seorang buruh pabrik yang bekerja hingga larut malam. Kedua anaknya berjualan mi rebus dipinggir jalan sambil menanti ibunya pulang.

5. Nina belajar rutin setiap hari agar nilainya baik.
Kalimat berikut yang berpola sama dengan kalimat tersebut adalah ....
A. Karina tidak masuk sekolah karena pergi menjenguk nenek.
B. Ayah menanam cabai di halaman belakang rumah sore tadi.
C. Toni, Gio, dan Doni membuat layang-layang di rumah Pak Gino
D. Adik berlatih menyanyi selama seminngu supaya mendapat juara.

6. Fenomena alam yang luar biasa ini terjadi saat bulan melintas tepat diantara bumi dan matahari.
Kata melintas pada kalimat tersebut sepadan dengan kata ....
A. posisi
B. berada
C. keadaan
D. melewati

7. Seekor bangau berjalan dengan langkah yang anggun di sepanjang sebuah sungai kecil. Matanya menatap air sungai yang jernih, leher dan paruhnya yang panjang siap untuk menangkap mangsa di air sebagai sarapan paginya. Saat itu, sungai dipenuhi dengan ikan-ikan yang berenang, tetapi sang bangau merasa sedikit angkuh di pagi hari itu. “Saya tidak mau makan ikan-ikan yang kecil,” katanya kepada diri sendiri. “Ikan yang kecil tidak pantas dimakan olah bangau yang anggun seperti saya.” Sekarang, seekor ikan yang sedikit lebih besar dari ikan lain, lewat di dekatnya. “Tidak,” kata sang bangau. “Saya tidak akan merepotkan diri saya untuk membuka paruh dan memakan ikan sebesar itu” Saat matahari mulai meninggi, ikan-ikan yang berada pada air yang dangkal dekat pinggiran sungai, akhirnya berenang pindah ke tengah sungai yang lebih dalam dan dingin. Sang bangau yang tidak melihat ikan lagi, terpaksa harus puas dengan memakan siput kecil di pinggiran sungai.

Komentar terhadap bahasa yang digunakan pada kutipan cerita tersebut adalah....
A. Bahasa yang digunakan adalah bahasa sehari-hari dan mudah dimengerti.
B. Bahasa yang digunakan banyak menggunakan kiasan.
C. Bahasa yang digunakan menggunakan pribahasa sehingga membosankan.
D. Bahasa yang digunakan menyulitkan pembaca memahami isi cerita.

8. Perhatikan kedua teks berikut!
Teks 1:
Ketika si rusa mengayunkan kakinya, si kura-kura segera memasukkan kaki-kakinya ke dalam tempurungnya. Tendangan rusa hanya mengenai tempat kosong. Si rusa sangat marah mendapati tendangannya tidak mengena. Ia lantas menginjak tempurung si kura-kura dengan kuat. Akibatnya tubuh si kura-kura terbenam ke dalam tanah. Si Rusa menyangka si kura-kura telah mati. Ia pun meninggalkan si kura-kura.
Teks 2
Di bahu jalan terdapat sebatang pohon cemara yang tumbuh rindang. Sudah dua puluh tahun pohon itu menemani Jalan Harapan. Di bawahnya terdapat beberapa bangku yang terbuat dari kayu. Walaupun sudah terlihat tua. Tapi kebanyakan orang selalu menemani bangku itu sambil menghirup udara segar di bawah pohon tersebut.
Perbedaan kedua teks tersebut adalah ....
A. Teks 1 merupakan bagian orientasi, teks 2 merupakan bagian konflik.
B. Teks 1 merupakan bagian konflik, teks 2 merupakan bagian orientasi.
C. Teks 1 merupakan bagian pengenalan, teks 2 merupakan bagian orientasi.
D. Teks 1 merupakan bagian konflik, teks 2 merupakan bagian pengenalan tempat.

9. Anak usia sekolah membutuhkan waktu tidur yang cukup untuk perfoma yang optimal. Anak-anak dan usia remaja secara signifikan butuh waktu tidur lebih banyak daripada orang dewasa. Hal ini guna mendukung kesehatan mental dan perkembangan fisiknya. Anak usia sekolah harusnya mendapat 10-11 jam waktu tidur.
Komentar terhadap isi teks tersebut adalah ....
A. Tidur harus memenuhi syarat kualitas dan kuantitas.
B. Tidur merupakan hak anak yang tidak boleh di abaikan.
C. Terlalu banyak tidur tidak baik terhadap kesehatan fisik dan psikis.
D. Tidur yang menyehatkan tidur yang proposional sesuai dengan usianya.

10. (1) Isi novel ini sangat mendidik, terutama untuk generasi muda. (2) Generasi penerus bangsa yang mementingkan persatuan dan kesatuan. (3) Sangat disayangkan, penggunaan istilah atau bahasa daerah yang terdapat di dalamnya tidak dilengkapi artinya. (4) Namun, hal tersebut tidak mengurangi kelayakan novel ini untuk dibaca, khususnya oleh generasi muda
Kelemahan dari teks karya sastra tersebut ditandai dengan nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

11. (1)Cerpen-cerpen di buku ini ditulis Rendra dengan kesederhanaan bahasa, tanpa sedikit pun mengurangi keagungan cerita dan selipan makna. (2)Buku Pacar Seorang Seniman ini diterbitkan Bentang Pusaka, tahun 2015. (3)Buku setebal 183 halaman ini merupakan kumpulan cerpen. (4)Naskah dalam buku ini hadir dengan penuh keautentikan, penyunting dan penerbit tidak pernah sekalipun berani mengutak-atik kalimat-kalimat bentuk Rendra. (5)Di beberapa kalimat memang tampak kalimat tidak efektif.
Pernyataan yang menyatakan keunggulan buku terdapat pada kalimat ....
A. (1)
B. (3)
C. (4)
D. (5)

12. Kepala Dinas Kebudayaan dan pariwisata NTB, Lalu Moh. Faisal, di Mataram, Selasa (27/10/2015), mengatakan target kunjungan wisatawan ke daerah mencapai tiga juta orang. Target itu tidak terlepas dengan penghargaan yang diraih NTB dalam ajang  World Halal Travel Award di Uni Emirat Arab. Dalam ajang itu, NTB diwakili Lombok meraih dua penghargaan sebagai daerah tujuan wisata halal terbaik di dunia dan wisata bulan madu halal terbaik di dunia 2015.
Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah ....
A. Teks 1: siapa, kapan, di mana, apa
Teks 2: siapa, apa, kapan, di mana
B. Teks 1: di mana, kapan, siapa, apa
Teks 2: apa, kapan, di mana, siapa
C. Teks 1: apa, siapa, dimana, kapan
Teks 2: dimana, kapan, siapa, apa
D. Teks 1: siapa, apa, di mana, kapan
Teks 2: siapa, di mana, kapan, apa

13. Perhatikan kedua teks berikut!
Kutipan teks I
Gamelan Jawa

Yogyakarta adalah tempat yang paling tepat untuk menikmati gamelan. Di kota ini Anda dapat menikmati gamelan versi aslinya. Gamelan yang berkembang di Yogyakarta adalah Gamelan Jawa yaitu musik yang biasanya menonjolkan metalofon, gambang, gendang, dan gong. Musik yang tercipta pada Gamelan Jawa berasal dari paduan bunyi gong, kenong, dan alat musik Jawa lainnya. Gamelan Jawa berbeda dengan Gamelan Bali ataupun Gamelan Sunda. Gamelan Jawa memiliki nada yang lebih lembut dan slow, berbeda dengan Gamelan Bali yang rancak dan Gamelan Sunda yang sangat mendayu-dayu dan didominasi suara seruling. Perbedaan   itu   wajar,  karena   Jawa   memiliki   pandangan   hidup   tersendiri   yang diungkapkan dalam irama musik gamelannya. Adanya perbedaan gamelan Jawa, Bali, ataupun Sunda mengindikasikan bahwa masing-masing  daerah  memiliki  pandangan hidup dan budaya sehingga berpengaruh pada gamelannya.
Kutipan teks II
Kekeringan

Kekeringan adalah keadaan kekurangan air yang sangat ekstrim dalam waktu lama. Kekeringan timbul tanpa dapat diprediksi secara tepat. Di Indonesia, hujan turun secara tidak merata meskipun pada umumnya hujan terjadi di seluruh wilayah negeri. Selain itu, hujan tidak terjadi dalam waktu yang bersamaan. Di wilayah barat, hujan sudah turun, tetapi di wilayah timur belum turun hujan. Kekeringan biasanya muncul bila suatu wilayah secara terus-menerus mengalami curah hujan di bawah rata-rata. Musim kemarau yang panjang akan menjadi bencana alam apabila menyebabkan suatu wilayah kehilangan sumber pendapatan akibat gangguan pada pertanian dan ekosistem yang ditimbulkannya.
Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua kutipan teks tersebut adalah ....
A. Teks I : bahasanya mudah dipahami
Teks II: banyak menggunakan istilah ilmiah
B. Teks I : banyak menggunakan bahasa daerah
Teks II: bahasanya mudah dipahami
C. Teks I : menggunakan istilah-istilah khusus
Teks II: banyak menggunakan istilah ilmiah
D. Teks I : banyak menggunakan istilah khusus
Teks II: menggunakan istilah-istilah umum

14. (1) Motor-motor yang parkir di trotoar membuat kemacetan semakin parah dan tak terkendali; jelas ayah. (2) Cerpen “Menu” yang terdapat dalam buku kumpulan cerpen Gergasi karya Danarto sungguh menarik. (3) Kemarin (27/8/2017). Indonesia memenangi pertandingan sepak bola melawan Myanmar dengan skor 3:0. (4) Sang Kancil berjalan mengendap-endap, “Pelankan langkah kakimu? Jangan sampai ketahuan Pak Tani,” kata Kancil kepada Kera
Kalimat yang menggunakan tanda baca yang tepat terdapat pada nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

15. (1) ”Apakah beras bisa mengecil ukurannya, ayah?’’ Tanya Aman sekali lagi pada ayah
(2) Semua siswa setiap hari senin wajib mengikuti upacara bendera.
(3) Siswa kelas VII dan VIII mengikuti perkemahan jumat-sabtu atau dikenal Perjusa.
(4) Perjuangan Keke sempat berbuah manis, tim dokter berhasil menyembuhkan penyakitnya.
Penggunaan ejaan yang tepat pada kalimat tersebut terdapat pada nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

16. Oksigen diperlukan oleh organ tubuh seperti otot [ ... ] otak untuk melakukan fungsinya.
Kata hubung yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....
A. tetapi
B. dan
C. atau
D. sedangkan

17. Tubuh manusia tidak dapat menoleransi suhu yang terlalu rendah maupun terlalu tinggi. Seseorang yang berada di luar ruangan dengan temperatur udara di bawah minus 29°C akan beku. Hal ini dapat mengakibatkan kematian karena tubuh kehilangan panas.
[....]
Penurunan panas tubuh badan antara 1°C hingga 2°C mengakibatkan tubuh gemetar, yang merupakan salah satu usaha tubuh kita untuk menaikkan temperatur tubuh melalui gerakan dari sendi-sendi otot. Penurunan yang lebih drastis lagi mengakibatkan kehilangan kesadaran dan bahkan kematian.
Paragraf yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ....
A. Temperatur udara antara di luar dengan di dalam tubuh manusia tidak imbang menyebabkan kondisi seseorang akan sakit. Temperatur yang bisa diterima tubuh berkisar 30-37°C.
B. Temperatur tubuh normal adalah 37°C. Ketika temperatur udara lebih rendah daripada temperatur tubuh, panas akan mengalir dari tubuh kita. Pada temperatur udara sedang, antara 15-20°C, tubuh kita tidak bermasalah.
C. Udara yang terlalu dingin di luar akan menyebabkan berbagai penyakit. Oleh karena itu, saat udara dingin selalu menggunakan mantel atau baju hangat. Ini berguna bagi tubuh untuk menormalkan suhu tubuh.
D. Panas sangat diperlukan untuk menghangatkan tubuh. Tubuh yang masih menghasilkan panas menunjukkan bahwa organ dalam tubuh masih bekerja sesuai dengan fungsinya.

18. Tubuh manusia tidak dapat menoleransi suhu yang terlalu rendah maupun terlalu tinggi. Seseorang yang berada di luar ruangan dengan temperatur udara di bawah minus 29°C akan beku. Hal ini dapat mengakibatkan kematian karena tubuh kehilangan panas.
[....]
Penurunan panas tubuh badan antara 1°C hingga 2°C mengakibatkan tubuh gemetar, yang merupakan salah satu usaha tubuh kita untuk menaikkan temperatur tubuh melalui gerakan dari sendi-sendi otot. Penurunan yang lebih drastis lagi mengakibatkan kehilangan kesadaran dan bahkan kematian.
Paragraf yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ....
A. Udara yang terlalu dingin di luar akan menyebabkan berbagai penyakit. Oleh karena itu, saat udara dingin selalu menggunakan mantel atau baju hangat. Ini berguna bagi tubuh untuk menormalkan suhu tubuh.
B. Panas sangat diperlukan untuk menghangatkan tubuh. Tubuh yang masih menghasilkan panas menunjukkan bahwa organ dalam tubuh masih bekerja sesuai dengan fungsinya.
C. Temperatur udara antara di luar dengan di dalam tubuh manusia tidak imbang menyebabkan kondisi seseorang akan sakit. Temperatur yang bisa diterima tubuh berkisar 30-37°C.
D. Temperatur tubuh normal adalah 37°C. Ketika temperatur udara lebih rendah daripada temperatur tubuh, panas akan mengalir dari tubuh kita. Pada temperatur udara sedang, antara 15-20°C, tubuh kita tidak bermasalah.

19. Waktu mendongeng dengan cara membacakan dongeng bagi anak sangat penting. Pakar parenting menyarankan para orang tua untuk menjadikan story time sebagai prioritas. [ .... ] Pengaruh itu bukan saja pada pendidikan, tetapi juga pada perilaku dan kondisi emosionalnya.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ....
A. Pengaruh dongeng yang didengarkan anak belum diteliti kebenarannya.
B. Siapkan waktu beberapa saat untuk mempengaruhi anak dengan dongeng.
C. Setiap hari orang tua akan memperdengarkan dongeng kepada anaknya sebelum tidur.
D. Luangkan waktu 10 menit setiap hari untuk berbagi cerita, ini memberi pengaruh yang berarti.

20. Petunjuk menanam pohon pisang
(1) Lubang didiamkan selama dua hari
(2) Siapkan lubang ukuran 1x1x1/2 meter
(3) Timbunlah pohon pisang dengan tanah lalu siram
(4) Setelah itu masukkan bibit pohon pisang ke dalam lubang
(5) Lubang yang sudah siap, isilah dengan pupuk kompos
Susunan petunjuk yang tepat berdasarkan kalimat-kalimat tersebut adalah ....
A. (5), (1), (4), (3), (2)
B. (5), (3), (4), (1), (2)
C. (2), (4), (5), (1), (3)
D. (2), (5), (1), (4), (3)

Demikianlah contoh soal Try Out untuk kelas 9. Semoga contoh soal yang admin bagikan ini dapat bermanfaat buat kita semua. Sekian dan terima kasih.
Share:

Kumpulan Contoh Teks Pidato Persuasif (Revisi Terbaru)

ilmubindo.com_ Dalam kehidupan sehari-hari, pidato persuasif sering digunakan dalam acara-acara tertentu, seperti Peringatan HUT Kemerdekaan, Hari Kartini, Hari Lingkungan Hidup, Bulan Bahasa, Bulan Gemar Membaca, dan sebagainya. Dalam pidato tersebut, sang orator menyampaikan gagasan, pikiran, pandangan, serta arahan atau pesan kepada pendengar yang hadir. Berikut adalah contoh teksnya.

Teks Pidato 1
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Salam sejahtera untuk kita semua,
Hadirin yang saya hormati,

Pertama-tama, marilah kita memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Mahakuasa atas limpahan berkah kenikmatan dan keselamatan sehingga kita dapat menghadiri seminar dalam rangka memperingati Bulan Gemar Membaca tahun ini.

Pada kesempatan ini, izinkan saya untuk menyampaikan beberapa informasi terkait dengan kegiatan seminar yang bertepatan dengan peringatan Bulan Gemar Membaca. Sebagaimana telah kita ketahui bersama bahwa sejak tahun 2003, pemerintah telah mencanangkan bulan September sebagai Bulan Gemar Membaca dan Hari Kunjung Perpustakaan. Hal ini sejalan dengan program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang saat ini sedang digalakkan oleh pemerintah.
 
Kumpulan Contoh Teks Pidato Persuasif (Revisi Terbaru)
www.ilmubindo.com

Seminar ini bertujuan menggugah kembali semangat gemar membaca yang saat ini dinilai masih belum seperti yang kita harapkan. Budaya literasi kita masih tergolong rendah. Banyak pengamat yang menyatakan bahwa kemajuan teknologi telah memanjakan anak-anak  kita dengan berbagai jenis industri hiburan. Waktu anak-anak dalam kehidupan sehari-hari sering dihabiskan untuk menyaksikan berbagai jenis hiburan sehingga melupakan kegiatan literasi, baik membaca maupun menulis.

Hadirin yang saya hormati,
Generasi masa depan negeri ini akan menghadapi tantangan hidup yang semakin berat. Selain situasi persaingan yang begitu ketat pada era globalisasi, mereka juga akan dihadapkan pada arus informasi yang begitu kuat. Jika anak-anak tidak memiliki kecerdasan literasi yang cukup memadai, mereka dikhawatirkan akan mudah terhasut oleh berita-berita bohong atau hoaks yang marak diberbagai media, khususnya melalui internet yang sudah menjadi rujukan anak-anak kita dalam mengakses informasi.

Dalam situasi seperti itu, tidak ada cara lain kecuali membekali mereka dengan kecerdasan literasi yang cukup sehingga bisa membedakan mana informasi yang benar dan mana informasi yang tergolong hoaks. Berkaitan dengan hal tersebut, kita perlu memberikan penghargaan terhadap sekelompok kaum muda yang degan amat sadar membangun Komunitas Pondok Baca untuk memberikan ruang yang cukup bagi masyarakat sekitarnya untuk mengembangkan budaya literasi itu.

Tak sedikit diantara mereka yang mau berkiprah menjadi sukrelawan untuk melayani anak-anak yang punya minat besar untuk menyuburkan kecintaannya terhadap buku. Kita sangat membutuhkan relawan literasi yang amat setia melayani minat anak-anak yang sudah merasakan manfaat dahsyat dari kebiasaan dan kebutuhan membaca. Mereka layak digolongkan sebagai "pahlawan" literasi yang secara tidak langsung telah ikut mencerdaskan kehidupan bangsa . Itulah sebabnya, seminar ini menjadi sangat penting untuk menggugah kesadaran kita semua mengenai betapa pentingnya budaya gemar membaca itu buat anak-anak kita.

Mari, kita dekatkan anak-anak kita pada buku, akrabkan mereka pada kegiatan gemar membaca. Jangan menjadikan kegiatan membaca sebagai hobi semata, tetapi menjadikannya sebagai kebutuhan untuk menghadapi tantangan masa depan yang semakin  berat.

Demikian informasi yang bisa saya sampaikan. Semoga, kegiatan seminar ini tidak hanya berhenti sebagai bahan diskusi, tetapi yang jauh lebih penting adalah memanfaatkan hasil seminar ini sebagai upaya untuk menggugah kesadaran tentang pentingnya kecerdasan literasi pada era globalisasi.

Terima kasih atas perhatian hadirin. Mohon maaf apabila ada kekhilafan dan kata-kata yang kurang berkenan.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Teks Pidato 2
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Kepada yang terhormat Kepala SMP Neg. Sangatta Selatan, yang saya hormati Bapak Ibu Guru dan karyawan SMP Neg. 1 Sangatta Selatan, dan teman-teman yang saya cintai. Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Mahaagung yang telah memberi kenikmatan dan kesehatan sehingga kita dapat berkumpul di sini dalam keadaan sehat walafiat. Pada siang hari ini kita berkumpul dalam rangka memperingati hari Lingkungan. Oleh karena itu, perkenankanlah saya untuk menyampaikan sedikit ajakan dalam menjaga kelestarian lingkungan yang dekat dengan kehidupan.

Lingkungan adalah tempat kita hidup. Salah satu lingkungan yang dekat dengan kehidupan kita adalah lingkungan sekolah. Setiap hari kita menimba ilmu di sekolah kita ini. Belajar tentu akan nyaman jika disertai lingkungan belajar yang bersih. Akhir-akhir ini, pemerintah mengeluarkan gerakan Adiwiyata. Gerakan Adiwiyata diwujudkan dengan cara menjaga kebersihan lingkungan, mengurangi polusi udara, dan menanam tanaman hijau di lingkungan sekolah. Oleh karena itu, kita sebagai warga sekolah wajib menjaga kebersihan sekolah. Ayo, bersama-sama meraih predikat sebagai Sekolah Adiwiyata! Jagalah kebersihan sekolah. Marilah, kita ikuti program sego segawe atau sepeda kanggo sekolah lan nyambut gawe. Sebaliknya, kita menggunakan sepeda untuk bersekolah. Dengan menggunakan sepeda, kita sudah ikut menyukseskan kegiatan Adiwiyata.

Saya kira hanya ini yang dapat saya sampaikan. Atas perhatian teman-teman, saya ucapkan terima kasih. Banyak kata yang kurang berkenan di hati teman-teman, saya mohon maaf.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Teks Pidato 3
Selamat malam.
Hadirin yang saya hormati,
Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Karena hanya dengan rahmat dan hidayah-Nya, kita dapat berkumpul dalam acara pada sore hari ini.

Pada kesempatan ini, saya akan berbicara mengenai permasalahan sampah yang menimbulkan banyak masalah di kota ini. Banyak dampak negatif sampah yang menumpuk. Oleh karena itu, perlu adanya penanggulangan tepat untuk mengatasi masalah sampah ini.

Hadirin yang saya hormati,
Sampah yang sering kita temui adalah sampah plastik dan botol. Kedua jenis sampah tersebut termasuk ke dalam jenis sampah anorganik. Sampah anorganik adalah sampah yang sulit diuraikan oleh mikroorganisme. Karena sulit diuraikan oleh mikroorganisme, semakin banyak sampah anorganik ditemui disudut kota ini. Kalau tidak diatasi, sampah tersebut akan menggunung. Padahal sampah anorganik menjadikan lingkungan tidak enak dipandang. Selain itu, sampah anorganik tersebut akan menjadi sarang penyakit.

Sampah anorganik yang menumpuk dapat diatasi dengan daur ulang. Sampah plastik dan botol dapat didaur ulang menjadi kerajinan tangan, seperti tas, tempat pensil, dan pot. Oleh karena itu, mari menggiatkan kegiatan daur ulang untuk mengatasi penumpukan sampah anorganik di kota ini. Saya yakin, jika setiap warga masyarakat mau dan mampu mendaur ulang sampah anorganik dengan baik, permasalahan sampah anorganik yang menumpuk di kota ini dapat diatasi. Selain  itu, masyarakat akan mendapat penghasilan tambahan jika mampu mengemas dan memasarkan produk daur ulang tersebut dengan baik.

Hadirin yang saya hormati,
Demikianlah pandangan saya mengenai masalah sampah anorganik di kota ini. Semoga dapat bermanfaat. Banyak salah saya mohon maaf.

Atas perhatian hadirin, saya ucapkan terima kasih.
Selamat malam.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang contoh teks pidato persuasif. Semoga contoh pidato yang admin bagikan ini, dapat bermanfaat buat kita semua. Sekian dan terima kasih.
Share:

Senin, 10 September 2018

UNBK Bahasa Indonesia 2019 : Menentukan Makna Kata/Kalimat pada Teks

ilmubindo.com_ Kali ini admin akan membagikan contoh soal Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Bahasa Indonesia tahun ajaran 2018/2019. Semoga materi dan contoh soal yang kami bagikan ini dapat kiranya membantu peserta didik sekalian khususnya di tingkat SMP dalam mencari referensi materi dan contoh-contoh soal terbaru yang tentunya telah sesuai dengan kisi-kisi ujian nasional tahun 2018/2019.

Makna adalah arti atau maksud yang tersimpul dari suatu kata. Jadi, makna dengan bendanya saling bertautan dan saling menyatu. Secara umum, makna kata dibedakan menjadi 5 bagian diantaranya sebagai berikut.
  1. Makna denotasi, yaitu makna kata yang menunjukkan pengertian sebenarnya atau dapat dibuktikan.
  2. Makna konotasi, yaitu makna yang didasarkan atas perasaan tertentu.
  3. Makna leksikal, yaitu makna yang sesuai dengan makna yang terdapat dalam kamus.
  4. Makna gramatikal, yaitu makna kata yang diperoleh dari hasil peristiwa tata bahasa.
  5. Makna idiomatik, yaitu makna yang terdapat pada kelompok kata tertentu yang tidak dapat ditelusuri asal usul kemunculannya.
UNBK Bahasa Indonesia 2019 : Menentukan Makna Kata/Kalimat pada Teks
www.ilmubindo.com

Berikut adalah contoh soal UNBK 2019 (Menentukan Makna Kata/Kalimat pada Teks)
Contoh 1
Saat ini, Indonesia masih terhitung ada pada tingkat rendah dalam mengadopsi alat digital. Namun, beberapa daerah telah menunjukkan usaha cukup signifikan dan patut diapresiasi dalam penyebarannya.

Makna kata signifikan dalam paragraf di atas adalah ....
A. hebat
B. berarti
C. tinggi
D. maju

Kunci Jawaban : B
Pembahasan : Kata signifikan sesuai KBBI adalah 'penting' atau 'berarti'. Jadi, makna kata signifikan yang tepat adalah pilihan jawaban B.

Contoh 2
Bacalah kutipan teks eksposisi berikut!
Pembangunan infrastruktur saat ini sangatlah penting untuk menunjang pemerataan pembangunan di segala bidang. Pemerintah telah melaksanakan pembangunan infrastruktur di berbagai daerah sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Makna kata infrastruktur yang tepat pada kutipan teks eksposisi tersebut adalah ....
A. alat dan bahan
B. prasarana
C. perlengkapan
D. akses

Kunci Jawaban : B
Pembahasan : Menurut KBBI makna infrastruktur adalah 'prasarana'.

Contoh 3
Bacalah kutipan teks ulasan berikut!
Bagiku sendiri, bumi boleh dibilang debut fiksi fantasi yang cukup ambisius dan menghibur. Ambisius karena faktanya Bumi adalah buku pertama dari tetralogi fantasi yang konon telah disiapkan Tere Liye.

Makna kata ambisius yang tepat pada kutipan teks ulasan tersebut adalah ....
A. Suatu harapan yang ingin didapatkan.
B. Berkeinginan keras mencapai sesuatu.
C. Usaha yang menghalalkan segala cara.
D. Tujuan yang harus dicapai

Kunci Jawaban : B
Pembahasan : Makna kata ambisius yang sesuai dengan teks tersebut adalah berkeinginan keras untuk mencapai sesuatu.

Contoh 4
Bacalah kutipan teks biografi berikut!
Berbicara investasi penyanyi asal Sumedang ini tidak ingin menghamburkan uang yang diperoleh dari honor menyanyi atau duta produk. Rossa menyadari karier di industri musik tidak menjamin kepastiannya mendapatkan penghasilan pada usia senja atau ketika sinarnya sebagai diva meredup.

Makna kata investasi yang tepat pada teks biografi tersebut adalah ....
A. penanaman modal
B. peminjaman modal
C. pemberian modal
D. pembagian hasil usaha

Kunci Jawaban : A
Pembahasan : Makna kata investasi yang paling tepat adalah penanaman modal.

Soal 5
Bacalah kutipan teks prosedur berikut!
ketika membangun atau merenovasi rumah, selain tata ruang, bentuk dapur, kamar mandi, desain kamar tidur, furnitur, dan material yang digunakan, harus diperhatikan hal kecil seperti bentuk atap atau desain keramik lantai.

Makna kata desain yang tepat pada kutipan teks prosedur tersebut adalah ....
A. Prosedur untuk membuat dan menciptakan objek baru.
B. Seni motif untuk menghasilkan karya yang berbeda.
C. Gambaran objek untuk menciptakan seni baru.
D. Suatu proses seni dalam menciptakan objek yang lain.

Kunci Jawaban : A
Pembahasan : Makna kata desain yang paling tepat untuk kutipan teks tersebut adalah jawaban A.

Soal 6
Bacalah kutipan teks tanggapan kritis berikut!
Banyak sekali orang yang menggunakan televisi, sehingga banyak juga yang telah menyalahgunakan kegunaan televisi tersebut. Bagi kalangan anak-anak, biasanya mereka hanya menonton film animasi atau biasa kita sebut dengan kartun sehingga dampak tersebut tidak terlalu besar bagi kalangan anak-anak.

Makna kata animasi yang tepat pada kutipan teks tersebut adalah ....
A. Acara televisi yang disenangi anak-anak yang berupa tiruan objek yang menyerupai orang atau benda lain yang dapat bergerak.
B. Acara televisi yang berbentuk rangkaian lukisan yang digerakkan secara manual oleh seorang ahli animator.
C. Acara televisi yang berbentuk lukisan kartun yang dapat bergerak sendiri tanpa digerakkan oleh seorang ahli animasi.
D. Acara televisi yang berbentuk rangkaian lukisan atau gambar yang digerakkan secara mekanik elektronis sehingga menjadi bergerak.

Kunci Jawaban : D
Pembahasan : Makna kata animasi menurut KBBI yang paling tepat adalah acara televisi yang berbentuk rangkaian lukisan atau gambar yang digerakkan secara mekanik elektronis sehingga menjadi bergerak.

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang materi dan contoh soal UNBK 2019 tingkat SMP. Semoga soal-soal ini bisa bermanfaat buat kalian yang sedang mencari referensi menuju ujian nasional tahun ini. Selamat belajar, semoga sukses.
Share:

Selasa, 04 September 2018

Ciri Kebahasaan Teks Pidato Persuasif : Bahasa Indonesia Kelas 9 (Revisi)

ilmubindo.com_ Sebagai pidato yang bertujuan menyampaikan gagasan dan pesan berupa imbauan dan ajakan, pidato persuasif memiliki beberapa ciri-ciri kebahasaan diantaranya sebagai berikut.

Kalimat aktif
Kalimat aktif adalah kalimat yang subjeknya aktif melakukan kegiatan atau aktivitas.
Contoh kalimat : Orang-orang di kampung kami memiliki semangat kebersamaan atau gotong rotong yang sudah diakui oleh kampung-kampung lain yang ada di daerah kami.

Kata tugas
Kata tugas adalah sejenis kategori kata dalam tata bahasa Indonesia yang terdiri atas kata depan, kata sambung, kata sandang, dan kata seru.
Contoh kalimat: Marilah kita jaga dan rawat bersama agar nilai kesetiakawanan sosial itu bisa terus tumbuh dan kerkembang di tengah tantangan perubahan zaman yang tidak mungkin kita hindari.
 
Ciri Kebahasaan Teks Pidato Persuasif : Bahasa Indonesia Kelas 9 (Revisi)
www.ilmubindo.com

Kosakata emotif
Kosakata emotif adalah kosakata yang berhubungan dengan emosi (perasaan) yang bisa membuat pendengar tersentuh emosinya ketika menyimak atau membaca.
Contoh kalimat: Hal itu bisa terjadi karena bangsa kita memiliki semangat kebersamaan dan gotong royong.

Kosakata bidang ilmu (istilah)
Kosakata bidang ilmu (istilah) adalah kosakata yang lazim digunakan di bidang keilmuan.
Contoh kalimat: Salah satu perubahan yang begitu mencolok yang sedang kita rasakan akhir-akhir ini adalah merebaknya penggunaan media sosial seperti facebook, twitter, instagram, whatsapp, atau telegram di tengah-tengah kehidupan kita.

Sinonim 
Sinonim adalah persamaan atau padanan makna kata.
Contoh kalimat: Sikap egosi dan individualistis tidak sesuai dengan kepribadian bangsa kita.

Kata benda abstrak
Kata benda abstrak adalah kata yang menyatakan benda yang sifatnya abstrak (tanpa wujud) karena tidak bisa ditangkap oleh pancaindra. Pembedaan termasuk dalam kelas nomina abstrak (kata benda abstrak) yang menyatakan semua benda dan segala yang dibendakan.
Contoh kalimat: Kesetiakawanan sosial memang perlu kita jaga dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Demikianlah yang dapat kami jelaskan tentang ciri kebahasaan teks pidato persuasif di kelas 9 mata pelajaran bahasa Indonesia. Semoga bisa bermanfaat dan dapat membantu rekan-rekan semua dalam mencari referensi bahan ajar tentang pidato persuasif. Terima kasih.
Share:
Diberdayakan oleh Blogger.

Pasang Iklan